Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by abu haqqilah

Monday, March 29, 2010

Tips Menghindar Dosa Di Dunia Maya

       Internet atau sering juga disebut dunia maya merupakan suatu media yang mempunyai jaringan begitu luas dan tidak terbatas oleh kepentingan satu golongan, siapapun bisa berpartisipasi didalamnya, ia seperti jaringan sarang laba-laba yang kelihatannya begitu lembut akan tetapi mempunyai power yang kuat, Ia seperti pisau yang bermata dua, tergantung siapa yang mengendalikannya. Melihat begitu tipisnya jarak antara manfaat dan mudharat yang ada didunia maya berikut kami berikan beberapa tips yang insya Allah sangat berguna bagi kita :
1. Niatkan karena untuk beribadah kepada Allah
Gunakanlah media internet ini sebagai wasilah untuk menjadikan kita semakin takut kepada Allah, untuk menjadi wasilah berdakwah, wasilah dalam menjalin ukhuwwah islamiyyah, wasilah untuk menuntut ilmu, dan perkara-perkara yang membuahkan ridho Allah.

2. Mohon perlindungan kepada Allah sebelum memulai
Memintalah perlindungan kepada Allah, karena jalan-jalan yang akan kita lalui didunia maya ini penuh dengan persimpangan dan tikungan yang berujung pada jurang kematian, setiap pintu dan jendela yang kita buka berhias dengan fitnah dunia.

3. Tentukan terlebih dahulu apa yang akan kita butuhkan sebelum memulai
Bukalah media internet ketika kita mempunyai suatu keperluan, dan setelah kita selesai dari kebutuhan kita terhadapnnya maka tinggalkan sebelum dia dapat memperdayai kita.

4. Jangan melenceng dari niat dan ketentuan yang kita buat
Terkadang orang yang ingin beristifadah dari internet tidak bisa mengambil manfaat yang maksimal, ini dikarenakan ia tidak punya pendirian yang kuat dan mengikuti arus yang ditawarkan oleh jaringan dunia maya, contohnya ketika seseorang membuka satu jendela kemudian ia juga membuka link dan jaringan yang ada dijendela tersebut, kemuadian ia membuka lagi link dan jaringan yang lain, dan membuka lagi yang lainnya sehingga ia melenceng dari tujuan dan keperluannya.

5. Jadikanlah internet sebagai budak dan jangan kita yang diperbudak
Tidak jarang ada pemuda yang mengeluh ketika ia sehari saja tidak berselancar didunia maya, ia merasa badannya letih, pegal, pusing dan lainnya. Ini pertanda ia sudah menjadi budak dunia maya. Jika keadaannya sudah seperti ini maka banyaklah beristighfar dan ia harus melatih diri untuk tidak terlalu bergantung pada internet.

6. Berikan batasan waktu
Tentukanlah berapa waktu yang kita perlukan dalam menggunakan media ini, kadangkala kita akan banyak menghabiskan waktu jika kita tidak membatasi diri untuk duduk didepan internet.

7. Tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat
Sebagaimana sabda Nabi “ Tanda dari baiknya agama sesoarang adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat”.

8. Wakafaa billahi syahidaa
Tulislah di wallpaper anda atau dimeja computer anda potongan dari firman Allah yang artinya “ cukuplah Allah sebagai saksi…” maksudnya apapun yang kita lakukan dengan internet maka ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat.
 By : Abu Mu’adz Abdurrahman
http://isykarima.com/index.php?option=com_content&view=article&id=120:tips-menghindar-dosa-di-dunia-maya&catid=44:asatidzah&Itemid=101

2 comments:

Entri Populer

 

statistik

Arrahmah.Com

review mribonkblog.blogspot.com on alexa.com

PRICE MY BLOG

BlogUpp!

! FOLLOW ME !

{mribonkblog.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Azzam nurjihad | o-om.com